Minggu, 27 November 2011

NUPTKmu

NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berfungsi sebagai nomor identitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang berlaku secara nasional dan menjadi syarat dalam mengikuti berbagai program peningkatan mutu dan kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang di programkan oleh Pemerintah/Kemendiknas sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2005.

NUPTK diberikan kepada setiap orang yang sedang bekerja sebagai Pendidik atau Tenaga Kependidikan formal maupun non formal yang bersifat unik secara nasional. Mereka yang disebut sebagai Pendidik atau Tenaga Kependidikan adalah Guru, Kepala Sekolah, Laboran, Pustakawan, Penjaga Sekolah, Tutor, Pengawas Sekolah, Instruktur khusus, Pegawai dilingkungan Depdiknas baik PNS maupun Non PNS, GTT (Guru Tidak Tetap/Honorer), PTT (Pegawai Tidak Tetap). Tujuan diberikan NUPTK agar semua pendidik dan tenaga kependidikan memiliki Single Identity Number sehingga tidak terjadi permasalahan seorang PTK dihitung ganda (Double Counting). Bagi pendidik dan tenaga kependidikan sendiri, NUPTK berguna untuk memperoleh akses setiap program/kegiatan yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, misalnya: Program Sertifikasi, Peningkatan Kualifikasi, Pemberian penghargaan, Beasiswa Bagi Anak Guru Berprestasi, dan Tunjangan-tunjangan lainnya.

Apakah anda salah seorang yang termasuk sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan? Apakah anda sudah memiliki NUPTK? Bagi yang sudah pernah mendaftarkan diri dengan mengisi kuisioner untuk mendapatkan NUPTK, tetapi sampai sekarang belum mengetahui apakah sudah terdaftar atau tidak, anda dapat melihatnya menggunakan Tools atau software yang dapat menemukan data NUPTK Pendidik atau Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia. Tools atau software dimaksud adalah NUPTK WebBrowser versi 161. Bagi anda yang ingin memilikinya silahkan didownload melalui link yang disediakan. Selain itu disediakan juga Panduan menggunakan NUPTK WebBrowser 161 dan Instrumen Pendataan PTK berupa formulir kuisioner.

No.Nama FileLink Download
1Tools NUPTK WebBrowser 161Download
2Panduan NUPTK WebBrowser 161Download
3Formulir Instrumen Pendataan NUPTKDownload


Tools atau software NUPTK WebBrowser ini dalam bentuk portable, jadi untuk menggunakannya tidak perlu di instal. Setelah anda download, jalankan saja file Exe-nya (syaratnya komputer kita terhubung dengan internet). Selanjutnya jalankan tools ini sesuai petunjuk, maka anda dapat menemukan NUPTK Pendidik dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia yang terdapat NUPTK anda atau rekan kerja anda. Data yang ditampilkan merupakan update terbaru NUPTK secara nasional.

Screenshoot NUPTK WebBrowser versi 161



Jika belum mengetahui nomor NUPTK anda, maka pilihlah Sekolah/Madrasah pada kotak kata kunci pencarian. Selanjutnya anda tinggal memilih Propinsi, Kabupaten/Kota, dan Kecamatan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Carilah nama anda pada tabel yang tersedia. Jika sudah menemukan nama anda, itu artinya anda sudah mempunyai nomor NUPTK. Jika belum ada, silahkan hubungi pimpinan sekolah masing-masing atau menghubungi Kantor Dinas Pendidikan setempat.

Demikianlah informasi yang sangat berharga ini. Selamat menggunakan Tools atau software NUPTK WebBrowser versi 161, semoga dapat membantu anda menemukan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) anda sendiri atau siapapun. Terima kasih.




***Sukses Selalu***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar